Cara memasang formulir contact us dan membuat halaman contact us di blog




Cara memasang formulir gadget kontak blogger dan membuat halaman khusus untuk kontak blog/website atau contact us page 


Form contact us gadget atau yang biasa disebut hubungi kami adalah sebuah layanan yang disediakan oleh sebuah website atau blog, yang berfungsi untuk mempermudah visitor atau pengunjung menghubungi author (admin) website tersebut. Sedangkan halaman kontak adalah halaman web standar pada situs web yang digunakan untuk memungkinkan pengunjung menghubungi pemilik situs web atau orang-orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan situs.

Form contact us gadget dan contact us page pada website maupun blog memiliki fungsi yang sama, yaitu berfungsi/digunakan untuk memungkinkan pengunjung menghubungi pemilik situs. Perbedaannya terletak pada penempatannya saja, kalau Form Contact Us gadget dapat dipasang melalui tata letak gadget blog, dan kalau Contact Us page (halaman hubungi kami) dipasang di halaman website/blog yang dapat di akses melalui Link URL.

Pada postingan kali ini saya memberikan 2 cara pemasangan form contact us atau formulir hubungi kami, cara yang pertama (instan) dengan hanya menambahkan gadget formulir kontak pada tata letak blogger dan cara yang kedua dengan menggunakan layanan pihak ketiga atau Third-Party Tools seperti 123Formbuilder, Powr.io, dan jotform.


Langkah-langkah cara membuat form contact us gadget blogger pada tata letak blog


#1. Login ke akun blogger
#2. Pilih menu tata letak
#3. Klik tambah Gadget (Mau pilih dimana, sesuai dengan keinginan kamu)
#4. Klik tambah Gadget formulir kontak


Memasang form contact us pada halaman blog/website dengan menggunakan layanan pihak ketiga (Third-Party tool)


Layanan pihak ketiga contact us blog digunakan sebagai alternatif yang dapat dijalankan dengan baik di blog/website dan pesan dari pengunjung dapat dikirim langsung ke alamat E-mail yang telah terdaftar pada layanan pihak ketiga contact us.

Meskipun blogger telah memberikan fasilitas gadget form contact yang dapat di pasang pada gadget blog, akan tetapi pesan yang dikirim pengunjung tidak langsung masuk ke E-mail Author, bahkan saya juga kebingungan untuk menemukan pesan masuk pengunjung yang telah mengisi form contact us versi gadget blog.

Oleh karena itu alternatif yang disarankan ialah dengan menggunakan pihak layanan ketiga contact us, dimana pesan pengunjung dapat diterima oleh author melalui E-mail yang telah terdaftar. Ada 3 alternatif layanan pihak ketiga yang disarankan untuk sobat coba yaitu 123formbuilder, powr.io, dan Jotform.


Cara membuat contact us blog atau website dengan menggunakan layanan 123Formbuilder


Banyak blogger yang merekomendasikan layanan 123Formbuilder ini, selain dapat di gunakan dengan gratis layanan tersebut juga dapat bekerja pada platform CMS, termasuk Blogspot dan WordPress. 123Formbuilder adalah alat cloud untuk membangun segala bentuk formulir online, mengelola alur kerja, dan mengumpulkan data mereka dengan sangat cepat.

#1. Langkah pertama, pergi ke halaman 123formbuilder.com kemudian klik sign up atau creat form

#2. Pilih Basic Plan (Free plan)

#3. Kemudian buat akun atau login dengan menggunakan Google

#4. Pilih new form, kemudian klik blank form

#5. Setelah itu isi format contact us yang kamu inginkan, seperti nama, email, dan long text (ganti dengan message) kemudian klik publish


#6. Setelah itu pilih Embed - JavaScript - kemudian copy paste JavaScript ke dalam halaman website/blog kamu


#7. Masuk ke blogger, pilih halaman, klik halaman baru, pada tampilan antara compose dan html, pilih html kemudian paste code JavaScript tadi, kemudian publish dan lihat hasilnya.



Cara membuat contact us blog atau website dengan menggunakan layanan Powr.io


Powr.io adalah layanan pihak ketiga penyedia plugin gratis untuk website dan blog seperti form builder, social feed, media gallery, PayPal button, dan banyak lagi. Salah satu layanan plugin gratis mereka yang paling diminati adalah form builder (form contact us), berikut langkah-langkah pembuatan form contact us Powr.io.

#1. Pergi ke halaman powr.io, kemudian sign up (mendaftar) atau kamu dapat login dengan menggunakan akun Google/Facebook

#2. Klik creat new plugin

#3. Kemudian pilih form builder

#4. Pilih contact form (help people get in touch with you), kemudian klik continue with template

#5. Pastikan format contact us telah sesuai dengan yang kamu inginkan


#6. Kemudian pilih next, di bagian notifications pilih email to from admin

#7. Masukkan email yang akan mendapatkan notifikasi pesan dari pengunjung, setelah itu klik DONE (selesai)

#8. Lewati bagian setting dan payment, langsung pilih design, kalau kamu rasa pengaturan sudah sesuai yang kamu inginkan, klik add to site untuk mendapatkan kode pemanggil contact form

#9. Pada menu Instalation option, pilih Embed code, kemudian copy kode yang diberikan


#10. Masuk ke blogger, pilih halaman, klik halaman baru, pada tampilan antara compose dan html, pilih html kemudian paste code JavaScript tadi, kemudian publish dan lihat hasilnya.



Cara membuat contact us blog atau website dengan menggunakan layanan Jotform


Jotform adalah aplikasi online kuat yang memungkinkan siapa saja untuk dengan cepat membuat formulir kontak online. Tampilan antarmuka dan penggunaan drag-and-drop yang intuitif membuat form building menjadi sangat sederhana, dan tidak mengharuskan kamu menulis satu baris kode pun (tanpa harus ngoding)

#1. Langkah pertama, pergi ke halaman jotform.com, kemudian sign up (mendaftar) kamu dapat sign up menggunakan akun Google/Facebook

#2. Klik creat form, lalu pilih use template



#3. Kemudian klik menu form templates, pilih contact forms


#4. Terdapat beberapa contoh template yang di berikan oleh jotform, terserah mau pilih yang mana sesuai keinginan kamu, kalau sudah ketemu klik use template


#5. Kalau dirasa sudah tidak ada lagi yang perlu di ganti atau di ubah, klik publish


#6.Kemudian pilih Embed, dan copy kode yang diberikan


#7. Masuk ke blogger, pilih halaman, klik halaman baru, pada tampilan antara compose dan html, pilih html kemudian paste code JavaScript tadi, kemudian publish dan lihat hasilnya.


Itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam hal tata cara atau langkah-langkah pemasangan form contact us di blog, baik versi yang instan (gadget blog) atau menggunakan layanan pihak ketiga sama" memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, sekarang tergantung kamu mau pilih cara yang mana.

Post a Comment

0 Comments