Inspeksi URL Google Search Console | Cara agar judul postingan blog muncul di google



Cara agar judul postingan blog muncul di pencarian google dengan menggunakan fitur inspeksi URL Google search console


M emposting artikel baru ke mesin pencari Google adalah suatu kebutuhan bagi seorang penulis blog yang ingin artikel-nya dikunjungi oleh ribuan pengunjung baru setiap harinya, tapi sangat disayangkan karena kebanyakan penulis tidak mengerti tentang penerapan ilmu SEO (Search Engine Optimation) di setiap postingan yang mereka buat, melainkan hanya memposting artikel banyak-banyak tapi tidak ada yang baca (pengunjung).

Sungguh menyedihkan bukan? Banyak-banyak posting artikel, eh.. tapi gak ada pengunjung yang mau baca tulisan artikel kita, udah-lah membuat satu artikel itu membutuhkan waktu sampai berhari-hari bahkan ada juga seorang Bloggers yang nge-post postingan artikel-nya hanya sekali dalam seminggu, sungguh ironis bukan? Oleh karena itu penerapan ilmu SEO dalam blog harus diterapkan mulai dari sekarang.

Tidak terlalu sulit dalam menerapkan ilmu Optimasi mesin pencari pada blog anda, melainkan hanya memerlukan pehaman yang memadai saja sudah cukup untuk menerapkan ilmu SEO ini. Di karenakan tujuan-nya hanya satu yaitu untuk menampilkan judul postingan blog pada mesin pencari Google maka kita akan membahas secara spesifik mengenai fitur Inspeksi URL Google search console pada pembahasan kali ini.

Fitur inspeksi URL merupakan salah satu produk Google Search Console yang digunakan untuk mengindeks halaman blog pada mesin pencari agar dapat ditemukan, sebelum masuk ke fitur Inspeksi URL ini anda harus terlebih dahulu mendaftar ke situs web GSC (Google Search Console), dengan mendaftarkan property domain anda pada GSC memungkinkan anda untuk dapat menggunakan fitur Inspeksi URL ini.


Berikut ini beberapa fungsi atau kegunaan fitur Inspeksi URL:


#1. Mengambil informasi tentang halaman anda dalam versi yang sudah diindeks Google kemudian melihat status Indeks URL anda saat ini.

#2. Berfungsi untuk menguji apakah halaman di situs anda dapat diindeks dengan cara periksa URL aktif.

#3. Anda dapat meminta agar URL dapat di Crawl (dirayapi) oleh Google dan anda dapat meminta Crawl ulang.

#4. Anda dapat melihat screenshot tentang cara Googlebot melihat halaman blog yang di Crawl oleh Google.

Secara garis besar fungsi dan kegunaan Fitur Inspeksi URL adalah untuk menempatkan atau menampilkan judul postingan artikel blog pada mesin pencari Google, sehingga memungkinkan pengunjung untuk dapat mengunjungi dan mengeksplorasi artikel postingan anda yang ada di Google dengan mudah, dampaknya ialah artikel kamu memiliki pengunjung baru setiap harinya dan hal ini adalah dambaan-nya setiap para Bloggers.


Langkah-langkah menggunakan fitur Inspeksi URL:


#1. Login terlebih dahulu ke Google Search Console, kalau anda belum mendaftarkan property domain blog anda silahkan daftar terlebih dahulu. Kalau anda sudah mendaftar, Klik Login Google Search Console untuk masuk.

#2. Klik tanda menu garis tiga di sebelah pojok kiri atas layar Hp atau Dekstop anda, kemudian pilih fitur Inspeksi URL, seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:


#3. Setelah itu pilih salah satu URL dari postingan anda yang ingin di Inspeksi, kemudian masukkan URL pada kotak pencarian Inspeksi URL. Contoh seperti URL postingan blog saya ini: "https://boss-ant.blogspot.com/2019/12/cara-aktifkan-mode-gelap-instagram.html". Setelah itu tekan Enter, lihat contoh gambar dibawah ini:


#4. Kemudian anda akan dibawa kehalaman seperti yang dicontohkan pada gambar dibawah ini, klik minta pengindeksan.


Biasanya anda akan diminta untuk melihat gambar seperti zebra cross atau yang lainnya kemudian memilih gambar tersebut dan klik Verifikasi. Jika sudah selesai maka URL artikel anda akan masuk ke dalam antrean CRAWL prioritas untuk di Indeks oleh fitur Inspeksi URL.

Harap diperhatikan, kalau anda mengirim-kan halaman beberapa kali pada Fitur Inspeksi URL tidak akan mengubah prioritas pengindeksan Google dan posisi antrean URL.


Cara melihat URL/Judul blog telah muncul di Google


Setelah anda selesai mengikuti langkah-langkah yang saya berikan diatas, selanjutnya adalah melihat di Google apakah URL/judul postingan artikel blog anda sudah muncul atau belum. Caranya adalah buka aplikasi Google Chrome pada Hp atau dekstop, kemudian copy-paste URL pada mesin pencari Google. Lihat contoh gambar dibawah ini:


Keberhasilan dalam menempatkan judul artikel pada halaman Google adalah impian seorang bloggers, oleh karena itu dalam menerapkan ilmu SEO pada blog harus segera dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. judul artikel anda telah tampil di Google tapi belum semestinya judul artikel tersebut tampil pada halaman teratas Google, oke sekian pembahasan kali kurang lebih saya mohon maaf, sekian terimakasih.

Post a Comment

1 Comments

  1. Mantap lah. Tp berapa hari sih prosesnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik. Komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!